Panduan Perjalanan Swiss


Sebagai salah satu negara yang termahal di Eropa, Swiss sering dilewati oleh budget traveller. Bahkan ketika saya sedang backpacking ke Swiss, saya menemukan diri saya terus-menerus berusaha menemukan cara untuk menghemat uang. Namun, meski bukan tujuan yang murah, Swiss adalah salah satu tempat terindah di dunia.

5 Hal Teratas untuk Dilihat dan Dilakukan di Swiss
1. Kunjungi ibu kota, Bern
2. Ski the Matterhorn
3. Kunjungi Zurich
4. Berpetualang di Interlaken
5. Kunjungi Swiss Rivjera

Biaya Perjalanan Swiss 
Akomodasi – Asrama rata-rata 30 CHF per malam, tetapi di beberapa kota besar, mereka dapat beroperasi dengan biaya tinggi 50 CHF. Kamar hostel pribadi berkisar antara 80-120 CHF per malam untuk kamar yang dapat menampung dua orang. Sebagian besar hostel menawarkan WiFi, dan beberapa termasuk sarapan.
Makanan – Meskipun makan di luar sangat mahal (sebagai perbandingan mudah: kopi Starbucks 8 CHF sedangkan McDonald’s 15 CHF, Anda dapat menghemat pengeluaran Anda dengan pergi ke supermarket lokal dan membeli bahan makanan Anda sendiri.
Aktivitas – Kebanyakan museum berharga sekitar 10 CHF untuk masuk (jika Anda seorang pelajar, Anda akan menghemat 2-4 CHF dari harga tiket masuk Anda (pastikan untuk membawa ID pelajar Anda).

Anggaran yang Disarankan Backpacker Swiss
Untuk mereka yang backpacking ke Swiss, anggarkan setidaknya 70-108 CHF per hari. Ini adalah anggaran yang disarankan dengan asumsi Anda tinggal di hostel, memasak sebagian besar makan atau makan makanan cepat saji, dan menggunakan trans lokal portation atau kebanyakan berjalan.

Tips Menghemat Uang
1. Miliki Kartu ISIC – Untuk menghemat 20-50% biaya masuk ke museum dan tempat wisata lainnya, pastikan untuk menunjukkan kartu pelajar yang valid.
2. Gunakan Couchsurfing – Ini adalah layanan yang memungkinkan wisatawan menginap dengan penduduk lokal secara gratis. 
3. Gunakan BlaBlaCar – Transportasi sangat mahal, bahkan lebih mahal daripada akomodasi, gunakan situs berbagi tumpangan BlaBlaCar untuk menghindari kereta dan bertemu penduduk setempat.

Tempat Menginap di Swiss
Hostel adalah cara menghemat anggaran terbaik di Swiss! Untungnya ada banyak hostel yang bersih dan terawat. Tempat-tempat yang saya sarankan adalah:
• Balmers (Interlaken)
• Funny Farm (Interlaken)
• Youthhostel (Zurich)
• City Backpacker – Hostel Biber (Zurich)
• City Hostel (Geneva)
• Nyon Hostel (Geneva)
• Youthhostel (Bern)
• Bern Backpackers Hotel & Hostel Glocke (Bern)

Cara Berkeliling Swiss
Transportasi Umum – Kota-kota di Swiss terhubung dengan sangat baik dengan trem, bus, trem, kereta api, dll.
Kereta – Kereta api adalah cara terbaik untuk bepergian di Swiss, dan merupakan metode yang paling disukai oleh penduduk setempat. Ini ekonomis dan efisien. Misalnya, Bern ke Jenewa (kereta dua jam) biayanya sekitar 30 CHF.
Bus – Flixbus menawarkan beberapa rute di seluruh negeri. Perjalanan 90 menit dari Zurich ke Bern mulai dari 13 CHF.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *